P: 0813-1022-1451, 0857-1855-4045(WhatsApp) | wisma@ecampus.ut.ac.id
 Pusat Bisnis Universitas Terbuka

Badan Pengelola dan Pengembangan Usaha (BPPU) Universitas Terbuka dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor 2275/UN31/2015. Tugas pokok BPPU Universitas Terbuka adalah mengelola dan mengembangkan serta mendayagunakan potensi ekonomis seluruh aset, fasilitas, dan sumberdaya yang ada di lingkungan Universitas Terbuka.

BPPU Universitas Terbuka yang biasanya disebut dengan Pusat Bisnis Universitas Terbuka memiliki 3 (tiga) divisi utama, yaitu Divisi Fasilitas Layanan Umum dan Divisi Pendidikan dan Pelatihan (Training Institute), dan Toko Buku.

Divisi Faslum memberikan layanan akomodasi (penginapan), ruang sidang, fasilitas olah raga, dan kegiatan besar lainnya (seminar, konferensi, pameran, workshop, wisuda, pernikahan, gathering, dan lain-lain).

Divisi Training Institute memberikan layanan program pelatihan serta konsultansi bagi badan, lembaga, atau masyarakat umum yang memerlukan. Pelatihan yang ditawarkan antara lain Pelatihan Peningkatan Ketrampilan Teknik Instruksional (PEKERTI) dan Applied Approach (AA), Assesment Hasil Belajar, Evaluasi Pembelajaran, Pengembangan Buku Ajar, Pengembangan Butir Soal Ujian, Pengembangan Bahan Ajar Online, dan Pengembangan Media Pembelajaran. Training Institute juga menawarkan pelatihan profesional seperti pelatihan layanan peningkatan kompetensi bagi masyarakat umum, pegawai pemerintah dan swasta, seperti pelatihan Pertanggung jawaban Keuangan, Rencana Pembangunan Jangka Menengah, Pengembangan Rencana Kerja Pembangunan, Administrasi Pemerintahan Desa, Akuntansi Sekolah, Perpustakaan dan Kearsipan.

Divisi Toko Buku Universitas Terbuka memberikan kenyamanan bagi calon pembeli, karena pembelian dapat dilakukan secara online maupun offline dengan datang langsung ke kantor pusat Universitas Terbuka.  Jenis buku yang dapat diperoleh di toko buku Universitas Terbuka diantaranya buku bahan ajar, dan buku non-bahan ajar.  cetak dan digital Organizer Simposium / Konferensi / Seminar Nasional / Regional / Internasional.