P: 0813-1022-1451(WhatsApp) | wisma@ecampus.ut.ac.id
 Pusat Bisnis Universitas Terbuka

UT Kembali Berpartisipasi di IIBG 2016
Tanggal 2016-10-03 dibuat oleh admin | dilihat 163 kali

Untuk kesekian kalinya Universitas Terbuka (UT) kembali berpartisipasi dalam pagelaran akbar bertajuk Indonesia International Book Fair (IIBF) 2016. Tahun ini, acara yang diadakan oleh Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) ini berlangsung selama 5 hari berturut-turut, mulai 28 September hingga 2 Oktober 2016 mendatang di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC). UT sendiri menempati stan 70-71 yang berlokasi di tengah-tengah puluhan peserta lainnya.

Acara tersebut merupakan pameran buku rutin bertaraf internasional dan secara aktif diikuti berbagai negara dari belahan bumi berbeda. Sebanyak 14 negara diantaranya Indonesia, Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Cina, Mesir, Arab Saudi, Vietnam, Belanda, Thailand, India, Bosnia, Jerman, dan Myanmar ikut berpartisipasi membuka stan dan memamerkan produk unggulan masing-masing. Di acara pembukaan yang diadakan pagi harinya, turut hadir Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Menteri Pendidikan Malaysia, Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Duta Besar Maroko, Direktur Jenderal Kebudayaan, Direktur Warisan Diplomasi dan Budaya, Ketua Dewan Pertimbangan IKAPI, Presiden dari Asia Pacific Publisher Association, Ketua delegasi Penerbit Malaysia, undangan dari kedutaan lainnya, Anis Baswedan, dan para penulis Asia.

Sesaat sebelum membuka acara secara resmi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Muhadjir Effendy, MAP menyampaikan apresiasinya setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berjasa menyelenggarakan acara tersebut. Dia menekankan budaya literasi harus didukung oleh semua pihak dengan sungguh-sungguh, dan tidak kalah penting pembinaan masyarakat membaca harus dilakukan terus menerus. Dia menambahkan akar rumput literasi itu berada di tangan para pembaca. Oleh karenanya budaya membaca perlu segera digalakkan dan hal tersebut merupakan tanggung jawab bersama demi memasyarakatkan membaca.

Di hari pertama, setidaknya ribuan pengunjung memadati pameran yang mengambil tema “Art and Culture” ini. Di Stan UT sendiri, sekitar 200 orang mengunjungi pameran ratusan buku yang merupakan materi pokok pembelajaran di UT. Dalam pameran tersebut, selain mensosialisasikan UT dan sistem pembelajarannya, UT juga ingin agar ribuan judul buku-buku UT dapat bermanfaat bagi mahasiswa UT dan juga masyarakat luas. Untuk diketahui, UT memang menyediakan bukunya tak hanya dikhususkan untuk mahasiswanya, tapi masyarakat umum pun dapat membeli buku-buku UT yang tersedia di situs www.tbo.karunika.co.id.