P: 0813-1022-1451 (Penyewaan Fasilitas Kamar) ,0857-1855-4045 (Penyewaan Fasilitas Gedung)(WhatsApp) | wisma@ecampus.ut.ac.id
 Pusat Bisnis Universitas Terbuka

UT Goes To Pesantren 2016 Mataram
Tanggal 2016-10-03 dibuat oleh admin | dilihat 297 kali

Menjalin dan memperat silaturahmi menjadi hal yang sangat penting bagi kelestarian kedamaian di Negeri ini, lebih khusus lagi jika keberadaannya dalam rangka memperkuat ukhuwah islamiyah antar lembaga maupun individu, Universitas Terbuka (UT) sebagai Institusi Pendidikan Tinggi Jarak – jauh (PTJJ), berkewajiban untuk turut serta memberi sumbangsih dan kontribusi nyata dalam upaya mempererat silaturahmi, khususnya ikhtiar membangun pemerataan akses pendidikan bagi seluruh masyarakat.

Selain memperkuat tali silaturahmi, UT juga meluaskan jaringan melalui kegiatan sosialisasi dan edukasi ke seluruh daerah potensi yang belum terjangkau keberadaannya dalam hal pendidikan dengan melaksanakan acara kegiatan silaturahmi ke komunitas keagamaan dan pondok pesantren di wilayah sekitar Mataram NTB, tepatnya di Pondok Pesantren Al-Islahuddiny, Lombok Barat pada Minggu, 25 September 2016 yang bertajuk “UT Goes To Pesantren 2016”.

Kegiatan ini dihadiri Gubernur NTB yang diwakili Asisten III Bidang Kesra dan Umum Sekretariat Daerah Provinsi NTB , Drs. Bachruddin, M.Pd., Pembantu Rektor IV UT Dr. Mohamad Yunus., M.A., Dewan Pengawas UT Taukhid, S.E., M.Sc.IB M.B.A yang juga Kakanwil Perbendaharaan Wilayah NTB., Pimpinan Pondok Pesantren Al-Islahuddiny TGH. Muchlis Ibrahim, Kepala UPBJJ-UT Mataram.. Dra. Ngadi Marsindah., M.Pd. 6 Perwakilan Pimpinan Pondok Pesantren di Wilayah Lombok Barat. serta tokoh masyarakat Lombok Barat. Dan tak ketinggalan pula dihadiri oleh sekitar 600-an Santri dari 6 Ponpes yang sangat antusias mengikuti acara tersebut.

Pembantu Rektor IV UT, Dr. Mohamad Yunus M.A. dalam sambutannya menyampaikan bahwa pesantren merupakan institusi pendidikan yang tertua di Indonesia, oleh karena itu, UT berkunjung ke pesantren adalah untuk memperkenalkan kepada masyarakat umum serta santri bahwa UT disediakan oleh pemerintah untuk melayani pendidikan bagi siapapun dan dimanapun. “betapa bahagia jika UT dapat memberikan layanan dan bisa menjadi jalan untuk mengubah hidup menjadi lebih baik dan punya harapan serta masa depan” ujarnya. Sementara itu, pimpinan Pondok Pesantren Al- Islahuddiny TGH. Muchlis Ibrahim, berharap bahwa dengan diselenggarakannya edukasi ini dapat membawa berkah terutama bagi para santri agar dapat memahami arti dan keberadaan UT sekaligus menambah wawasan dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Dipilihnya tempat edukasi UT di mataram dikarenakan daerah dengan julukan Negeri 1000 Masjid ini memiliki potensi yang sangat besar di bidang pendidikan, hal tersebut juga diutarakan oleh Asisten III Setda Provinsi NTB Drs. Bachrduin M.Pd yang turut bangga dengan kehadiran UT di lingkungan Pesantren ini, menurutnya suatu langkah terdepan sebagai kesempatan bagi para santri untuk memilih perguruan tinggi berkualitas. Acara ini juga diisi oleh penyajian materi diskusi bertemakan “Pendidikan Pondok Pesantren; Membangun Kualitas SDM NTB yang Unggul dan Berdaya Saing” yang disampaikan oleh narasumber Prof. Mahyuni., M.A. Ph.D., Dosen FKIP Universitas Mataram dan Dipandu oleh Moderator Dr. Firmansyah M.Si., Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Mataram.

Sosialisasi dan edukasi yang dilakukan UT bertujuan memperkenalkan diri serta mendiskusikan manfaat yang diperoleh bagi pengembangan SDM di masyarakat. Selain itu, sosialisasi juga mempunyai pengertian sebagai proses dari para pengelola UT mendekatkan diri dan memahami kebutuhan masyarakat akan pendidikan yang berkualitas.